Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi visual
yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology
(menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh
banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh
juta warna yang berbeda. Tetapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki
dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk
lebih loyal terhadap produk perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang
gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan
menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing,
corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas,
keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Kali ini akan dibahas tentang
psikologi warna di dalam desain logo tapi tidak berarti efeknya akan berbeda
dengan print atau media yang lain, efek dasarnya akan tetap sama.
ARTI WARNA MERAH
Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki
karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik.
Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri.
Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik,
memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas.
Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau
intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap sebagai
tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat.
Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas , berani ,marah dan
berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy.
Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya
yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit
saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa
dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada
dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran
empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara
mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus. Kuning juga
berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga
merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna
yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik
dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan
perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna
kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat
rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning
atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat dan ramah
yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan cakra sakral dan
diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan organ repoduksi. Dia juga
meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah
hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap
sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di
gunakan pada tombol website yang penting, seperti buy now , register now dan
lainnya yang sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi
psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit
gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk
menarik perhatian orang.
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu
makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat
memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang
menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan,
tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan
ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat
(biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan
pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan
termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut
warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai
warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk
tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap
sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di
pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah
warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu
tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya
akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa
dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas,
intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna
yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di
dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat
di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada
desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen
saja.
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau
dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang
yang sering merasa tegang. Hijau akan
menyeimbangkan emosi, menciptakan
keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra
jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta,
kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di
atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan
pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi
penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan
lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk
memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi
dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun
selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena dekat dengan
warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain logo dengan
kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga bisa
memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di
gunakan di firma hukum sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu
berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga
bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah
yang lebih menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain logo perusahaan yang
berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan
kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan aura
kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan
warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna
putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang
dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya
sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika
kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih
adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu
elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus
(misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai
macam warna ini maka Akarapi mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi visual,
marketing, materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate
identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain logo
perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang sukses dan
berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu
desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek
psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya. Malah di
dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu pasien menjadi
lebih cepat sembuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar